10.19.2010

How to Sell

How to Sell

Banyak orang mengira, bahwa menjual itu sulit, tapi ada juga yang bilang kalau menjual itu sangat mudah.
Sulit dan mudah adalah dua kata yang saling bertentangan dan tergantung dari sisi mana dan siapa yang mengucapkan kata tersebut.


ilustrasi by : jualkaosonline

Menjual adalah sebuah seni.
Jadi harus ada sentuhan seni dalam diri kita jika menginginkan hasil yang baik.
Sebagaimana seni, menjualpun bisa dipelajari dan perlu keseriusan dalam mencoba, serta harus benar-benar menikmati, sehingga ada perasaan enjoy dalam melakukannya.
Yang perlu dimiliki oleh seseorang dalam mencoba untuk berjualan adalah motivasi yang tinggi dan kemauan keras untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Sifat pemalu dan rendah diri adalah musuh utama para sales (penjual), jangan harap akan bisa menghasilkan pendapatan yang banyak jika sifat ini tidak bisa diatasi.
Untuk mengatasi perasaan tersebut sebaiknya si calon sales melakukan latihan-latihan, baik itu secara formil, yaitu dengan jalan kursus marketing, atau bisa juga dengan berlatih sendiri dengan cara mencoba untuk menawarkan barang tapi dengan mencoba barang yang mudah dijual dulu, sehingga nanti akan timbul keberanian dan mulai berlatih untuk mengurangi rasa malu yang berlebihan.
Tanamkan prinsip dalam diri sendiri bahwa perasaan malu dalam melakukan kebaikan tidak akan membuat kita mati berdiri, karena pada prinsipnya semua orang pasti pernah mengalami proses penjualan tersebut, contohnya dengan berhias, atau berpakaian perlente sudah dianggap melakukan proses promosi yang merupakan bagian dari cara berjualan.
Nah kalau motivasi berjualan sudah didapat, kita hanya tinggal mengetahui saja apa yang akan kita jual, target marketnya seperti apa sesuai dengan produk yang akan kita tawarkan.
Kompetitor juga perlu kita inventarisir supaya produk yang kita jual bisa bersaing dari segi harga, kualitas, packing, serta service after sales, bila barang itu bukan merupakan barang yang habis digunakan.
Dan ternyata menjual itu memang tidak sulit bagi yang berani mencobanya.
Dan bagi yang belum mencoba, cobalah ... pasti akan terasa nikmatnya menjual.

Good luck !


created by : //dhayatch//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar